PELATIHAN OFFICE STMIK AMIKOM PURWOKERTO KEPADA PERANGKAT DESA SOKAWERA

Selasa, 15 September 2015 | 5378 Kali
PELATIHAN OFFICE STMIK AMIKOM PURWOKERTO KEPADA PERANGKAT DESA SOKAWERA

 

Kegiatan (KKL) Stimik Amikom Purwokerto pada tanggal 14 september 2015 ini diselenggarakan di Balai Desa sokawera, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. KKL kali ini berbentuk pelatihan microsoft office word dan excel kepada perangkat-perangkat desa sokawera. Pelatihan ini dimaksudkan supaya para perangkat desa yang rata-rata umurnya sudah di atas kepala tiga, bisa mengoperasikan word dan excel. Ini karena semua pengolahan data yang ada di desa sokawera menggunakan kedua aplikasi tersebut dan tidak semua perangkat desa menguasainya.

 

Pelatihan microsoft word dan excel di desa sokawera dilakukan tepat pada tanggal 14 september 2015, yaitu dengan Tutor atau pembicara dalam pelatihan ini adalah AHMAD ZAINURROCHMAN (Word) dan SATRIA PAMBUDI UTAMA (Excel). Jumlah peserta dalam pelatihan ini kurang lebih 20 orang yang kebanyakan merupakan para pejabat desa setempat dan beberapa warga desa.

 

Kegiatan pelatihan diawali dengan sambutan dari Bapak Joko Purnama, selaku Kepala Desa KarangKemojing dan Bapak Fabriyan Fandi Dwi Imaniawan selaku perwakilan dari AMIK BSI Purwokerto. 

 

 

Sebagai tutor sesi pertama AHMAD ZAINURROCHMAN, mengawali materi dengan pengenalan dasar microsoft office word kepada para peserta pelatihan, dilanjut dengan materi yang tentu berkaitan erat dengan pekerjaan sehari-hari para pejabat desa yaitu mengenai surat-menyurat. Dalam hal ini, AHMAD ZAINURROCHMAN memfokuskan pada pembuatan surat undangan masal yaitu dengan menggunakan tools mail-merge pada microsoft office word. Tools ini akan memudahkan dalam membuat surat undangan dengan jumlah yang banyak, sehingga tidak perlu mengetik satu per satu. 

 

Dalam sesi kedua atau terakhir, SATRIA PAMBUDI UTAMA tutor, melatih para pejabat desa untuk dapat mengoperasikan microsoft office excel secara lebih optimal, terutama dalam hal hitung-hitungan. Beliau memberikan beberapa rumus untuk menyelesaikan soal hitung-hitungan kepada para peserta pelatihan diantaranya rumus untuk menjumlahkan data, mencari rata-rata, mencari nilai tertinggi, mencari nilai terendah dan masih banyak yang lainnya. Dengan rumus yang diberikan, diharapkan dapat memudahkan para pejabat desa dalam menjalankan pekerjaannya.

 

Para peserta terlihat sangat antusias mendengarkan penjelasan dari masing-masing tutor, hingga akhirnya pelatihan word dan excel di desa Sokawera selesai sekitar pukul 15.30 WIB. Kegiatan pelatihan diakhiri dengan foto bersama para peserta pelatihan. Semoga dengan adanya pelatihan yang diadakan KKL STIMIK AMIKOM  Purwokerto di desa Sokawera dapat memberikan manfaat bagi para peserta pelatihan.  

 

 

 

 

 

Related Posts

Font
Rabu, 10 Agustus 2016
Font
Kamis, 08 Oktober 2015

Komentar